Senin, 03 Desember 2012

HAM






Peperangan di Gaza Palestina oleh Israel

 

HAM merupakan kepanjangan dari Hak Asasi Manusia yang bisa diartikan sebagai  hak yang harus dimiliki oleh setiap individu. Setiap warga masyarakat  yang berada pada suatu daerah harus mendapatkan semua hak- hak yang seharusnya mereka dapatkan.  Hak asasi manusia itu sendiri meliputi hak hidup, hak beragama, hak mengeluarkan pendapat, hak mendapatkan jaminan hidup yang sama, dan masih banyak hak- hak lainnya. Di daerah kita pada saat ini Hak Asasi Manusia sudah hampir terpenuhi, meskipun itu tidak semuanya. Dan mungkin untuk era yang akan datang bisa terpenuhi semuanya.
Tapi masih ada diluar sana yang tidak peduli akan HAM. Seperti  contohnya kasus Hak Asasi Manusia yang saat ini heboh, yaitu kasus pembunuhan di Gaza Palestina secara besar- besaran.

 http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR9l3hBBomqGCYVqbzUo8IUKUHB6wx9UVal-uJiNUzwfUK2Msjs1I21eg
 Pihak Israel beralasan mempertahankan diri dari serangan pejuang Palestina, sedangkan pihak Palestina mengadakan perlawanan karena merasa wilayahnya semakin menyempit dengan pendudukan bersenjata maupun mendirikan pemukiman-pemukiman yahudi dengan cara merampas tanah rakyat Palestina.
 http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ78rZEkpPizpnJWivl9X4ttA88X4FsJEZLx2Vl4aUibpqQlxrPAXPyVobp
 Hal itu mengakibatkan banyak terjadi pembunuhan antara orang Palestina dan Israel, yang awalnya daerah yang ditempati itu adalah milik dari orang Israel. Orang Israel itu termasuk orang nomaden (berpindah- pindah). Dari situlah orang Palestina menempati daerah orang Israel, tiba- tiba orang Israel datang kembali ke daerahnya, mereka merebut daerah yang telah ditempati orang palestina. Orang Israel marah besar akibat hal itu, sebenarnya itu juga bukan kesalahan dari orang Palestina tapi juga karena orang Israel yang selalu berpindah- pindah. Hal itu mengakibatkan wilayahnya dihuni oleh orang lain. Orang Israel marah besar, mereka tidak ada toleran sama sekali, bahkan sampai mengakibatkan orang tewas yang begitu banyaknya. Orang Israel tidak pandang bulu siapa dia dan dari mana. Dilihat dari sisi HAM mereka tidak memperhatikan hal itu, bahkan Ham itu dianggap tidak pernah ada. Padahal setiap individu itu mempunyai HAM yang harus mereka dapatkan dan mereka peroleh.  Tapi disana seakan- akan disana HAM tidak dihiraukan. Tidak ada satu orang pun dari orang Israel yang peduli akan HAM. Padahal mereka warga Palestina mempunyai hak hidup dan hak mengeluarkan pendapat. Pembunuhan antara kedua belah pihak itu terus terjadi, dan orang Palestina semakin tertindas
.http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRqf82Ysb91sxErZwLN_OB9zNx5XQUbPfMyECRbFG_rhLwTqJ3QDuS5bW0
Oleh karena itu HAM harus ditegakkan, jika tidak maka akan berakibat seperti hal diatas. Meski itu tidak terjadi pada Negara kita, namun hal itu menjadi contoh bagi kita agar bisa saling toleran terhadap siapapun.  Dan kita sebagai masyarakat yang kritis harus mampu mengutarakan kepada orang yang berhak mengurusi masalah ini agar HAM kita dipedulikan. Dan sesama individu diharuskan untuk menghargai setiap HAM orang lain. Oleh karena itu HAM sangatlah penting bagi kehidupan kita, khususnya bagi setiap individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar