Selasa, 02 Oktober 2012

KEWARGANEGARAAN

 

Hakekat dan Urgensinya Studi PKN


  • Pentingkah PKN??? Mengapa demikian???
      Menurut saya pribadi mempelajari PKN sangatlah penting,karena dalam suatu negara dapat menyangkut dengan kepentingan lndividudengan masyarakat lainnya.Selain itu di dalamnya dapat menjadikan kita seseorang yang lebih kritis dalam menyikapi suatu masalah.Dan didalamnya dapat menjadikan kita bersikap demokratis yang demikian dapat mengangkat hak-hak kita terhadap kehidupan bangsa.
          Secara singkatnya PKN adalah ilmu yang mengarahkan kita agar menjadi seseorang lndividu bersikap kritis serta di dalamnya dapat menjadikan kita warga yang demokratis di dalam kehidupan.
         Dengan demikian mempelajari PKN sangatlah penting, karena dengan begitu kita mampu berfikir lebih bijak secara kritis dalam menanggapi suatu masalah. Dan hak-hak kita di negara bisa terakui dengan cara demokrasi terpimpin.
  • Hakekat dan Urgensi PKN!!!
        Pada dasarnya PKN adalah ilmu yang mengurusu masalah kewarganegaraan,tapi PKN ini bersifat menyeluruh.Mengapa demikian?? Karena di dalamnya terdapat banyak aspek, yakni aspek sosial, aspek budaye, aspek ekonomi, aspek agama, bukan yang mengajarkan pada satu aspek saja.Dengan PKN juga menjadikan kita bersifat nasionalisme dan patriotisme serta kesadaran diri seseorang dalam menegakkan keadilan bangsa.

        PKN mampu menjadikan kita sebagai warga yang berkomitmen demokrasi dalam mempertahankan HAM, mampu menjadikan kita masyarakat yang bijak dalam menyikapi semua hal, mampu berfikir kritis dalam menyikapi masalah, mampu bertindak dalam mencegah kekerasan dengan jalan damai dan mampu meletakkan nilai- nilai dasar dengan bijak dalam kehidupan bangsa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar